Lost Focus

I'm thinking about everything. Or maybe… i don't think?

Bentena Butuni: Menari di Bawah Matahari

Pernahkah kamu berada di tengah pesta rakyat sesungguhnya?

Paling seneng motret orang yang kalau lagi ketawa atau senyum bisa bikin kita ngikut juga. Mereka menari dan berteriak gembira bareng-bareng. Sebenarnya, saat itu gue terharu. Kebersamaan-nya kerasa banget. Jarang ada yang kaya gini dalam jumlah massal. Gue keinget temen-temen gue. Haha

Setelah merasa bahagia dengan banyak makanan di acara Peka Kande-Kandea, pesta rakyat di Festival Budaya Tua Buton, masih berlanjut. Gue menyaksikan sendiri salah satu momen yang sangat hebat.

20.000 siswa SD, SMP, dan SMA se-Kabupaten Buton menarikan Tari Bhosu dalam Bentena Butuni. Tari kolosal ini memakai gerak dasar dari Tari Bhosu yang menggambarkan aktivitas perempuan dalam melaksanakan tugas rumah tangga, seperti mencuci dan mengambil air. Bhosu sendiri artinya adalah bejana untuk mengambil air. Makna dari tarian ini adalah penghargaan terhadap perempuan yang terlibat dalam pembangunan.

Tarian berlangsung kurang lebih 20 menit. Mereka menari bersama di bawah matahari dengan wajah berser-seri. hahahaha. Setelahnya, para pengunjung, masyarakat, pemuka adat, dan pejabat pemerintah dapat ikut menari bersama. Lagi-lagi, suasana ‘pesta rakyat’ yang penuh kegembiraan, keceriaan, kemeriahan kembali terasa dari senyum, tawa, dan sorakan masyarakat yang menari bersama.

*klik gambar untuk melihat lebih jelas ceritanya 🙂

Mereka berlatih berbulan-bulan untuk mempelajari tarian. Bahkan, beberapa hari sebelum acara berlangsung, sekolah diliburkan dan mereka menginap bersama untuk berlatih. Pagi-pagi sekali, gue melihat mereka bersiap-siap. Rumah-rumah guru dan kepala sekolah menjadi tempat berkumpul dan dan rias. Para orangtua sibuk mengantarkan anak mereka ke lokasi-lokasi pertemuan. Gue merasa mereka… bersemangat? Bukannya apa-apa sih, tapi kalau misal nih ya, di kampung gue pemerintahnya nyuruh gue wajib ikutan nari terus latihan capek banget, belum tentu gue mau. Gue harus introspeksi diri nih kayaknya. hahaha. Salut banget sama masyarakat Buton 🙂

Advertisements

One comment on “Bentena Butuni: Menari di Bawah Matahari

  1. Pingback: Kenyang Bahagia di Acara Peka Kande-Kandea | The Thinker

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: